Kamis, 08 Desember 2011

ISO 9001:2000 dalam Dunia Pendidikan

Pengantar
What is ISO?
ISO adalah suatu badan yang mengatur sertifikasi atau mengesahkan suatu standar. ISO merupakan singkatan dari International Standart Organization. ISO dibuat karena keinginan perusahaan dari berbagai macam bidang usaha untuk memuaskan pelanggannya, yaitu dengan cara meningkatkan kualitas kerja dan pelayanan sesuai dengan standar yang ditetapkan. ISO bukan badan yang menciptakan standar, melainkan suatu badan yang menghasilkan cara untuk memastikan standar yang diikuti sejalan dengan laju perusahaan yang menggunakan standar yang dipilihnya.

ISO 9001:2000 adalah suatu standar international untuk sistem manajemen kualitas. ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen kualitas, yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk (barang dan/atau jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Persyaratan-persyaratan yang ditetapkan ini dapat merupakan kebutuhan spesifik dari pelanggan, di mana organisasi yang di kontrak itu bertanggung jawab untuk menjamin kualitas dari produk-produk tertentu atau merupakan kebutuhan dari pasar tertentu, sebagaimana ditentukan oleh organisasi.
Dalam lingkungan perguruan tinggi, yang dimaksud dengan penjaminan mutu atau kualitas adalah pelayanan jasa yang diberikan oleh perguruan tinggi terhadap stakeholder, yang terdiri dari mahasiswa, alumni, pengguna lulusan/dunia industri dan orangtua mahasiswa.
Stakeholder akan menyebutkan aspek apa saja yang dinilai dalam menentukan mutu perguruan tinggi tersebut, misalnya aspek yang berhubungan dengan:
1. materi perkuliahan dan kurikulum yang link and match dengan dunia industri;
2. proses perkuliahan yang sesuaidengan ketentuan berlaku;
3. kompetensi dosen yang sesuai;
4. sarana dan prasarana yang menunjang jalannya proses pembelajaran.

Meskipun tidak ada definisi mutu yang dapat diterima secara umum, semuanya memiliki kesamaan, yaitu:
1. mutu meliputi usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan;
2. mutu mencakup produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan;
3. mutu merupakan kondisi yang selalu berubah (sesuatu yang dianggap bermutu saat ini belum tentu dianggap bermutu di masa mendatang).

Artikel ini sebagai pengantar lain kali saya akan coba bahas implementasi ISO dalam Dunia Pendidikan.

Sumber: masih blog saya http://budimukty.wordpress.com/2009/07/25/iso-90012000/

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda disini, terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes