Kamis, 08 Desember 2011

Corporative Learning (pembelajaran kooperatif)

Pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pengajaran dimana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompok,setiap anggota saling bekerja sama dan membantu untuk memahami suatu bahan pembelajaran.
A. Ladasan Teoritik
Model pembelajaran kooperatif dikembangkan berdasarkan teori belajar kognitif-konstrativisme yang berasal dari Vygotsky, yaitu tentang penekanan pada hakikat sosiokultural dari pembelajaran. Menurut Vygotsky bahwa fungsi mental yang lebih tinggi pada umumnya muncul dalam kecakapan atau kerjasama antar individu.
B. Tujuan Hasil Belajar
Model pembelajaran kooperatif ini dikembangkan untuk mencapai hasil belajar akademik, model ini juga efektif untuk mengembangkan keterampilan social siswa. Menurut beberapa ahli model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep yang sulit. Pada pengambangan model ini telah menunjukkan bahwa model struktur penghargaan kooperatif telah dapat meningkatkan penilaian siswa pada belajar akademik dan perubahan norma yang berhubungan dengan hasil belajar. Pembelajaran kooperatif dapat memberi keuntungan baik kepada siswa kelompok bawah maupun atas yang bekerja bersama dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik. Tujuan penting dari pembelajaran kooperatif adalah menyampaikan kepada siswa keterampilan kerjasama dan kolaborasi.

C. Keterampilan Kooperatif
Keterampilan kooperatif berfungsi untuk melancarkan hubungan kerja dan tugas. Peranan hubungan kerja dapat dibangun dengan mengembangkan komunikasi antar anggota kelompok. Sedangkan peranan tugas dilakukan dengan membagi tugas antar anggaota kelompok selama kegiatan.
D. Tingkah laku mengajar
Terdapat enam langkah utama dalam pembelajaran kooperatif dimulai dengan guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa belajar.
E. Lingkungan Belajar dan Sistem Pengelolaan
Lingkungan belajar untuk pembelajaran kooperatif dicirikan oleh demokrasi dan peran aktif dalam menentukan apa yang harus dipelajari dan bagaimana mempelajarinya.
F. Variasi dalam Model Cooperative Learning (CL)
Salah satu variasi dalam pembelajaran kooperatif adalah Student Teams � Achievement Division (STAD). STAD atau Tim Siswa kelompok prestasi merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Dalam STAD siswa dikelompokan 4-5 orang. Setiap kelompok heterogen, guru menyajikan pelajaran dan kemudian siswa bekerja dalam tim mereka untuk memastikan bahwa semua anggota telah menguasai pelajaran tersebut. Dan tahap akhir semua siswa dikenai kuis tentang materi itu.

sumber: http://budimukty.wordpress.com/2010/10/23/pembelajaran-kooperatif-cooperative-learningcl/

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda disini, terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes